-->

Sekilas Tentang Peradaban Romawi



Kota Romawi didirikan pada tahun 753 SM. 

Menurut sejarah-sejarah kuno, Roma di perintah oleh raja sampai tahun 509 SM, pada saat itu digantikan oleh Republik Roma. 

Pada abad ke-2 SM, Roma berubah menjadi suatu negara yang menjadi penguasa utama di dunia barat.   

Warga Roma merupakan salah satu suku diantara puluhan suku di Italia. Suku Roma menaklukan suku-suku yang lain dan menguasai hampir seluruh Italia pada pertengahan abad 3 SM. 

Sedikit demi sedikit mereka menjadi bertambah kuat, warga Roma berusaha menaklukan semua kota perdagangan di pesisir  laut tengah. 

Pada tahun 146 SM, mereka menguasai laut Mediterania barat. Kemudian Roma menaklukan kerajaan Macedonia.

Masyarakat Romawi terlahir atas percampuran daerah antara suku-suku kelana pendatang dengan penduduk asli. 

Suku-suku pendatang dari utara tiba di Italia lebih dahulu kemudian barulah datang suku-suku kelana dari padang rumput sekitar laut Kaspia. 

Kota Romawi diperintah oleh pejabat terpilih yang disebut Konsul. 

Pada umumnya kasta tinggi mendominasi pemerintahan, tetapi terkadang kasta rendah yang berhasil menunjukkan kecerdasannya juga bisa menjadi senator atau magistrat.

Pada abad 2 SM, kekaisaran Roma berada pada puncak kekuasaannya dari Arabia sampai Britania dan menyatukan banyak bangsa-bangsa yang hidup di perbatasan dapat menikmati kedamaian dan kemakmuran. 

Kaisar pertama mengubah susunan pemerintahan Roma yaitu menghentikan persoalan dalam negeri dan mendirikan satu bala tentara tetap yang menjaga dan memperluas perbatasan-perbatasan wilayah kekaisaran. 

Ketenaran Agustus sebagai anak angkat Julius Caesar dan sebagai pemenang perang penaklukan Mesir  (Cleopatra dan Marcus Antonius). 

Pembaharuan-pembaharuan yang dilakukan Agustus memberi dorongan dan gaya hidup yang baru pada rakyat Roma. 

Bahasa Latin menjadi bahasa sehari-hari.


Keruntuhan Romawi diakibatkan oleh empat faktor, diantaranya adalah, pertama, kurangnya  tanggung jawab beberapa kaisar dan petugas negara, 

sehingga menimbulkan rasa tidak puas yang makin meluas dan mendalam dari daerah-daerah kekuasaan yang pada akhirnya melepaskan diri dari Roma. 

Kedua, terjadi banyak pemerontakan dan kekuasaan Roma mulai tertantang, tingkat kemakmuran mulai menurun dll. 

Ketiga, serbuan dan perpindahan bangsa-bangsa yang terjadi sejak akhir abad ke 4. Keempat, pada abad 5 M, kekaisaran Roma diserbu oleh bangsa barbar dan sering terjadi perang saudara. 

Baca Juga :
Labels: SEJARAH DUNIA

Thanks for reading Sekilas Tentang Peradaban Romawi. Please share...!

0 Komentar untuk "Sekilas Tentang Peradaban Romawi"

Tulis komentarmu di sini

Back To Top