-->

Sejarah Dinasti Murabithun


AWAL BERDIRINYA DINASTI MURABITHUN 


Dinasti Murabithun awalnya berupa gerakan keagamaan yang di namai al Murawwiyah, yang dianggotai oleh suku barbar. 

Pemimpin Shanhaja, Yahya bin Ibrahim menunaikan ibadah haji ke Arab, sepulang dari hajinya ia mengundang seorang alim terkenal dari Maroko Abdullah bin Yasin untuk berkarya dengan kaumnya. 

Setelah itu dibangunlah sebuah benteng di mulut sungai Senegal dan adri sinilah prajurit-prajurit iman menyebarkan bentuk Islam yang sedeerhana dan fundamentalis melalui Sudan barat. 

Prajurit ini dikenal dengan nama Murabithun yang secara harfiah artinya adalah orang-orang yang tinggal di benteng tapal batas. Orang-orang barbar gurun ini mengenakan cadar di wajah mereka , seperti dilakukan oleh keturunan mereka saat ini.

Dibawah kepemimpinan Abu Bakar dan letnannya Yusuf ibn Tasyufin, mereka bergerak ke arah utara yautu ke Maroko dan menaklukan Afrika utara sampai ke Algiers, Yusuf lalu mendirikan Marakesy sebagai ibukotanya. 

Dengan masih mengakui khalifah-khalifah Abbasiyah sebagai pemimpin spiritual Islam, dengan menganut madzab Maliki yang konservatif yang dominan di masyarakat Muslim Afrika utara. 

KEJAYAAN DINASTI MURABITHUN

Puncak prestasi karir politik Yusuf bin Tasyfin dicapai ketika ia berhasil menyeberang ke Spanyol. 

Keberangkatannya ke Spanyol atas undangan amir Cardoba, Al-Mu’tamid bin Abbas, yang terancam kekuasaan oleh raja Alfonso VI (raja Leon Castelia). 

Dalam melaksanakan perjalanan ini Yusuf Bin Tasyfin mendapat dukungan dari Muluk al Thawaif Andalus. 

Dalam sebuah pertempuran besar di Zallakah tanggal 12 Rajab 479 H/ 23 Oktober 1086 M, ia berhasil mengalahkan raja Alfonso VI selanjutnya berhasil merebut Granada dan Malaga. 

Mulai saat itulah ia memakai gelar Amir al-Mukminin. Pada akhirnya ia juga berhasil menaklukan Muluk al-Thawaif. 

Kemudian menggabungkan wilayah itu dalam kerajaan yang dibangun. Yusuf juga berhasil menaklukan Almeria dan Badajoz. 

Kemudian menaklukan kerajaan Saragosa dan pulau Balearic.

Yusuf bin Tasfin wafat dalam usia seratus tahun (1106), yang pada waktu itu kekuasaannya telah sampai ke Liberia Selatan termasuk juga Valencia dan Afrika Utara dari kepulauan Atlantik sampai dengan Aljazair. 

Warisan yang cukup luas tersebut diterima anaknya yang bernama Ali bin Yusuf bin Tasfin dan berhasil melanjutkan politik pendahulunya dengan mengalahkan anak Alfonso VI tahun 1108.

Sepeninggal Yusuf bin Tasyfin pada 1106 M, kekuasaan Murabithun hanya bertahan kurang lebih setengah abad, 

Karena fase ini Ali bin Yusuf tidak banyak melakukan konsolidasi kekuatan dan kekuasaan, sehingga mengalami  masa-masa kemunduran. 

Dalam catatan sejarah diketahui bahwa Ali bin Yusuf tidak secakap ayahnya dalam masalah kepemimpinan dan politik, 

karena ternyata Ali lebih cendrung ke masalah-masalah keagamaan. Sehingga untuk kepemimpinan dan kenegaraan, para ulama yang memainkan nya. 

MASA AKHIR DINASTI MURABITHUN

Peranan ulama sangat dominan di dalam memerintah menjadi penyebab ketidak-sukaan keompok Kristen. Sebab kedudukan dan jabatan strategis dalam pemerintahan dipegang oleh mereka. 

Mereka mengeluarkan kebijakan yang sangat diskriminatif, khususnya terhadap kleompok Yahudi dan Kristen. 

Apabila kelompok non Muslim ingin menjalankan praktek keagamaan, mereka diminta untuk membayar pajak bila ingin bebas menjalankan ibadahnya. 

Bagi masyarakat non Muslim yang tidak mampu membayar, mereka diminta untuk pergi meninggalkan tempat tinggal mereka. 

Kebijakan yang tidak lazim ini menjadi salah satu faktor penyebab perlawanan masyarakat non Muslim Andalusia.

Menjelang  pertengahan abad XII Murabithun mulai retak. Di Spanyol Mulk al-Thawaif menolak kekuasaannya. 

Di Maroko sebuah gerakan keagamaan (muwahidun) mulai mengingkari. Pada tahun 1147 penguasa terakhir Murabithun di Marakesy terbunuh dan mulailah Muwahiddun berherak ke Spanyol.


Baca Juga :  
Labels: SEJARAH ISLAM

Thanks for reading Sejarah Dinasti Murabithun. Please share...!

0 Komentar untuk "Sejarah Dinasti Murabithun"

Tulis komentarmu di sini

Back To Top