-->

Sejarah Peradaban Assyria Kuno


Assiria negeri yang pada zaman dahulu menempati daerah di ujung utara Dataran Mesopotamia atau bagian paling utara daerah yang sekarang dikenal sebagai negeri Irak. 

Bangsa Assyria merupakan salah satu adikuasa yang turut menyumbangkan sejarah peradaban di Mesopotamia. 

Takluknya Babilonia Lama di tangan Bangsa Assyria menjadikan Assiria sebagai penguasa Mesopotamia. 

Kerajaan yang bercorak militeristik ini sangatlah tangguh dan senang dalam berperang.
 

Kekaisaran Assiria Baru adalah sebuah kekaisaran dalam sejarah Mesopotamia yang berdiri pada tahun 934 S.M., dan berakhir pada tahun 609 S.M. 

Pada periode ini, Assiria mencapai posisi sebagai negara paling kuat di dunia, berhasil melampaui Babilonia, Mesir, Uratu / Armenia, dan Elam dalam hal dominasi atas Timur Dekat, Asia Kecil, Kaukasus, Afrika Utara, dan Mediterania Timur.

    Dalam bidang perekonomian, masyarakat Assiria bertumpu pada bidang pertanian dengan hasilnya antara lain gandum, zaitun, buah anggur, dan sayur mayur. 

    Bangsa Assyria juga mempelajari astrologi yaitu kemahiran meramal nasib dan kejadian-kejadian di dunia dengan mempelajari letak bintang-bintang, juga astronomi, yaitu ilmu tentang bintang-bintang menjadi maju.


    Dalam hal arsitektur bangsa Assiria adalah pula pembangun yang patut dihargai, bangunan-bangunan memang besar seperti terbukti dari keindahan kota Niniveh. 

    Orang Assiria membangun istana-istana yang sangat megah, dan menghiasi tembok-temboknya dengan lempeng-lempeng batu berukir gambar-gambar.
     

    Bangsa yang mengandalkan pada kekuatan senjata ini akhirnya menemui ajalnya. 

    Kerajaan Assiria semakin lemah. Hal ini diketahui oleh bangsa Chaldea yang berkembang di daerah Mesopotamia Selatan (bekas kekuasaan Kerajaan Babilonia Lama). 

    Bangsa ini menyerang Kerajaan Assiria. Pada tahun 612 S.M. kota Niniveh berhasil dikuasai sehingga mengakibatkan runtuhnya kerajaan Assiria. 

    Setelah berhasil menguasai Meopotamia dari Kerajaan Assiria, bangsa Chaldea yang berada di bawah kepemimpinan Raja Nabopalassar mulai membangun kembali Kerajaan Babilonia baru.

    Baca Juga :
    Labels: SEJARAH DUNIA

    Thanks for reading Sejarah Peradaban Assyria Kuno. Please share...!

    0 Komentar untuk "Sejarah Peradaban Assyria Kuno"

    Tulis komentarmu di sini

    Back To Top